Cara Membangun Rumah Minimalis di Lombok dengan Konsep Minimalis

rumah minimalis di lombok

Tidak sulit menemukan arsitektur rumah minimalis di Indonesia. Terutama karena konsep minimalis ini belakangan sedang banyak digunakan untuk rumah-rumah hunian. Cara membangun rumah di Lombok dengan menerapkan konsep minimalis juga banyak diterapkan.

Konsep minimalis sendiri akan berfokus pada kebutuhan dasar penghuni rumah. Bentuknya biasanya adalah geometris serta tidak memiliki banyak dekorasi. Konsep satu ini seringkali disalahartikan sebagai rumah yang ukurannya kecil dan menempati lahan terbatas.

Padahal, rumah minimalis belum tentu berukuran kecil. Rumah besar juga bisa menggunakan konsep minimalis dengan menerapkan prinsip-prinsipnya. Berikut adalah beberapa hal terkait konsep rumah minimalis yang harus kita pahami.

Cara Membangun Rumah di Lombok yang Cantik dengan Konsep Ini

  • Mengenal Apa Itu Rumah Minimalis

Walau sangat populer di kalangan masyarakat, nyatanya belum banyak yang tahu apa sebenarnya rumah minimalis itu dan cara membangun rumah di Lombok menggunakan konsep minimalis. Arsitektur minimalis sendiri merupakan salah satu tipe arsitektur di mana elemen-elemennya didasari oleh frasa less is more.

Konsep kesederhaan ini nantinya akan diwujudkan dalam bentuk dasar yang sederhana, elemen tanpa dekorasi, material yang juga sederhana serta repetisi struktur bangunan sehingga tetap rapi dan tidak kehilangan kualitas esensialnya.

Desain interiornya lebih mengutamakan fungsi sehingga tidak terlalu banyak menggunakan dekorasi. Sebagai contoh adalah kaca besar agar cahaya alami dapat lebih mudah masuk dalam ruangan.

Konsep minimalis sendiri populer di akhir tahun 1980an di London serta New York. Arsitektur rumah minimalis hadir sebagai respon akan desain arsitektur sebelumnya yang dianggap cukup rumit.

Jasa tukang bangunan Lombok yang memiliki peran besar akan arsitektur rumah minimalis ialah Ludwid Mies van der Rohe serta Le Corbusier.

Ide awal dari arsitektur rumah minimalis ialah budaya Zen asal Jepang. Budaya ini sendiri identik akan kesederhanaan orang-orang Jepang yang senang menerapkannya pada desain bangunan serta estetika keseharian. Inilah yang kemudian mendasari dibangunnya rumah minimalis.

Cara membangun rumah di Lombok dengan konsep minimalis kemudian makin digemari dan merambah keluar Amerika dan Eropa saat orang-orang menyadari bahwa desain ini terbilang mudah untuk diterapkan di rumah.

  • Bentuk Geometris Tanpa Banyak Dekorasi

Kesederhanaan dari arsitektur rumah minimalis terutama dapat dilihat dari bentuk bangunan secara keseluruhan. Apabila dilihat dari luar, maka rumah minimalis akan tampak dengan bentuk geometris layaknya kubus atau persegi panjang.

Atapnya juga berbentuk datar, bukannya segitiga. Rumah minimalis juga akan dibangun tanpa memasang banyak dekorasi pada interiornya, tidak seperti arsitektur rumah bergaya Eropa yang banyak memajang hiasan.

Bagian jendela juga tidak memiliki detail rumit. Jendelanya rata-rata berbentuk persegi serta dilengkapi bingkai sederhana, kaan tetapi akan tahan lama serta dapat melindungi kaca jendela dengan baik.

Cara membangun rumah di Lombok dengan konsep ini akan bisa menghemat waktu desain karena tidak dibutuhkan banyak pengaturan khusus.

  • Ruang Terbuka Yang Fokus Pada Fungsi

Arsitektur rumah minimalis akan memiliki tata letak sederhana serta efisien. Denah lantai umumnya akan dibuat terbuka tanpa adanya dinding penyekat antar ruangan serta area penyimpanan juga dibuat sederhana. Furniture yang digunakan pun terbilang sederhana serta apa adanya.

Sebagai contoh adalah ruang keluarga yang berisi meja kopi, sofa serta rak pajangan. Bentuknya juga tidak rumit serta tidak memiliki banyak dekorasi karena semuanya mengedepankan fungsi.

Ruangan-ruangan dalam rumah minimalis cukup terbuka dengan furniture minimlis sehingga ruangan terlihat besar walau lahannya sempit. Ini membuat cara membangun rumah di Lombok dengan konsep minimalis akan dapat menghemat dana.

  • Dominasi Warna Netral dan Memaksimalkan Cahaya Alami

Arsitektur rumah minimalis umumnya akan didominasi warna-warna netral seperti putih, abu-abu serta hitam. Warna ini akan membuat rumah tampak sederhana, bersih serta elegan.

Ketiganya digunakan baik pada dinding, lantai, dekorasi, furniture hingga alat makan. Selain itu, cara membangun rumah di Lombok dengan konsep minimalis juga akan banyak memanfaatkan cahaya alami.

Rahasia dari penampilan rumah minimalis ialah desain yang memungkinkan ada banyak cahaya alami masuk dalam rumah. Arsitekturnya turut dilengkapi pencahayaan tidak langsung yang akan digunakan dalam menegaskan kesan tertentu pada suatu ruangan.